Capasity Building Pengelola BI Corner di KPw BI Purwokerto

Purwokerto (22/1), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) mengelar acara Capasity Building Pengelola BI Corner di wilayah kerja KPw BI Purwokerto.  Acara yang berlangung selama dua...


Read More...
1

Latest News

21 OKTOBER, LAUNCHING APLIKASI SIPUS UNTUK PERPUSTAKAAN

21 OKTOBER, LAUNCHING APLIKASI SIPUS UNTUK PERPUSTAKAAN

  UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar launching Sistem Informasi...

CEGAH PLAGIARISME MELALUI LITERASI INFORMASI

CEGAH PLAGIARISME MELALUI LITERASI INFORMASI

  Dalam kehidupan sehari-hari, informasi menjadi  suatu kebutuhan utama bagi mahasiswa....

HARI KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN 2016

HARI KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN 2016

  Tanggal 14 September selalu diperingati sebagai Hari Kunjungan Perpustakaan di...

Membumikan Literasi Qur'an Melalui Sirah Nabawiyah

Membumikan Literasi Qur'an Melalui Sirah Nabawiyah

Kamis (23/5) BI Corner Perpustakan UMP mengelar bedah buku berjudul...

CEGAH PLAGIARISME MELALUI LITERASI INFORMASI

 

Dalam kehidupan sehari-hari, informasi menjadi  suatu kebutuhan utama bagi mahasiswa. Informasi dibutuhkan untuk mendukung aktivitas belajar, mengerjakan tugas perkuliahan ataupun mengerjakan tugas akhir (skripsi/tesis). Adanya banjir informasi dan perkembangan teknologi membuat mahasiswa lebih memilih budaya praktis dan instan. Dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka lebih mengandalkan search engine yang tersedia di internet. Sementara informasi yang diperoleh melalui internet tidak semuanya dapat dipertanggungjawabkan isinya.

Melihat fenomena tersebut UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggiatkan program literasi informasi bagi mahasiswa. Salah satu program literasi informasi yang rutin dilaksanakan adalah bimbingan penelusuran informasi melalui e-resourse (Electronic Resources). E-Resource yang dikenalkan meliputi local content, e-journal, e-book, baik yang dilanggan UMP, dikti, maupun Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Menurut Riski Tri Wismanawati, S.Hum. salah seorang trainer Literasi Informasi yang juga merupakan Kepala Sub Bagian Layanan Literasi Informasi UPT Perpustakaan UMP, tujuan diselenggarakan literasi informasi adalah untuk memberikan ketrampilan/skill kepada pemustaka bagaimana menelusur, mengakses, dan memanfaatkan informasi secara tepat dan bijak. Dengan bimbingan literasi informasi, data/informasi yang diperoleh juga lebih akurat dan ilmiah. Data/informasi inilah yang menjadi sumber rujukan mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkuliahan ataupun mengerjakan tugas akhir (skripsi/tesis).

Masih menurut Riski, “dengan ketrampilan literasi informasi, diharapkan pemustaka akan menjadi literate sehingga terbebas dari plagiarisme”. “Selain itu mahasiswa juga akan memiliki sikap kemandirian dalam mendapatkan informasi yang valid dan akurat”.

Program literasi informasi di UPT Perpustakaan UMP ini disambut positif oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa yang sedang menyusun proposal ataupun yang sedang menulis tugas akhir.

Hubungi Kami

 UPT PERPUSTAKAAN
 Universitas Muhammadiyah Purwokerto
 Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
 Purwokerto - 53182
 Kembaran, Banyumas
 Telp    : (0281) 636751, 630463, 63424
 Fax     : (0281) 637239
 E-Mail  : info {at} library.ump.ac.id