Capasity Building Pengelola BI Corner di KPw BI Purwokerto

Purwokerto (22/1), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) mengelar acara Capasity Building Pengelola BI Corner di wilayah kerja KPw BI Purwokerto.  Acara yang berlangung selama dua...


Read More...
1

Latest News

21 OKTOBER, LAUNCHING APLIKASI SIPUS UNTUK PERPUSTAKAAN

21 OKTOBER, LAUNCHING APLIKASI SIPUS UNTUK PERPUSTAKAAN

  UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar launching Sistem Informasi...

CEGAH PLAGIARISME MELALUI LITERASI INFORMASI

CEGAH PLAGIARISME MELALUI LITERASI INFORMASI

  Dalam kehidupan sehari-hari, informasi menjadi  suatu kebutuhan utama bagi mahasiswa....

HARI KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN 2016

HARI KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN 2016

  Tanggal 14 September selalu diperingati sebagai Hari Kunjungan Perpustakaan di...

Membumikan Literasi Qur'an Melalui Sirah Nabawiyah

Membumikan Literasi Qur'an Melalui Sirah Nabawiyah

Kamis (23/5) BI Corner Perpustakan UMP mengelar bedah buku berjudul...

Membumikan Literasi Qur'an Melalui Sirah Nabawiyah

Kamis (23/5) BI Corner Perpustakan UMP mengelar bedah buku berjudul “The Great Episodes of Muhammad SAW. : Menghayati Islam dari Fragmen Kehidupan Rasulullah SAW”. Buku ini merupakan karangan seorang ulama yang paling berpengaruh, Dr. Said Ramadhan Al-Buthy asal Buthan, Turki. Beliau menyajikan kisah hidup Rasulullah dengan bahasa sastrawi yang renyah dan menyejukan. Sehingga dapat dipahami bagi siapapun yang membaca dan ingin mendalami sejarah nabi (sirah nabawiyah) secara komprehensif dalam setiap aspek kehidupannya.

Buku yang ditulis Dr. Al-Buthy (nama pena) sebenarnya telah lama terbitkan oleh Darul Fikr, Damaskus pada tahun 2009. Menjadi Best Seller di Timur Tengah selama bertahun tahun dan diterjemahkan kedalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Event bedah buku berlangsung di BI Corner yang merupakan salah satu pojok baca yang dimiliki Perputskaan UMP. Pembedah buku adalah seorang dosen dari Fakultas Agama Islam UMP yakni, Ustadzah Istianah, Lc., M.Hum.

Acara yang dibarengi dengan rangkaian buka puasa bersama ini dihadiri oleh 20 mahasiswa dilingkungan UMP. Pihak perpustakaan memang membatasi jumlah mahasiswa yang ikut dalam acara ini dikarenakan keterbatasan ruangan. Lebih dari itu agar peserta dapat lebih memperhatikan dan benar-benar faham materi yang disampaikan oleh pembedah. Terbukti setelah materi disampaikan oleh Ustadzah Istianah banyak mahasiswa yang sangat antusias bertanya.

Semua keteladanan Rasulullah terjabarkan dengan sederhana dan mudah dipahami dalam buku ini. Buku ini adalah pilihan tepat bagi kaum milenial muslim yang ingin belajar sejarah hidup Rasullulah SAW. Banyak dari peserta yang mengikuti kegiatan ini tertarik untuk membacanya. Mahasiswa juga berharap Perpustakaan UMP lebih banyak lagi mengadakan event ilmiah yang dikemas dengan santai dan menyenangkan seperti ini.

Era teknologi infomasi saat ini kecakapan dalam memfilter informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan sangat dibutuhkan. Melalui momentum bedah buku ini selain mengajarkan pentingnya literasi Qur'an, diharapkan mahasiswa dapat meneladani dan mentadaburi kisah-kisah Rasulullah sebagai contoh manusia ciptaan Allah SWT yang paling ideal, sukses dunia dan akhirat. Tabayun yang merupakan salah satu sifat Rasulullah diharapkan dapat dijadikan pijakan dasar oleh generasi sekarang dalam mengoreksi, mengafirmasi dan memverikasi segala informasi yang beredar dalam ruang publik. (amr/ki)

Hubungi Kami

 UPT PERPUSTAKAAN
 Universitas Muhammadiyah Purwokerto
 Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
 Purwokerto - 53182
 Kembaran, Banyumas
 Telp    : (0281) 636751, 630463, 63424
 Fax     : (0281) 637239
 E-Mail  : info {at} library.ump.ac.id