Layanan

JENIS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN

1. Layanan Sirkulasi

   Layanan Sirkulasi yang diselenggarakan adalah:

 a. Melayani pendaftaran keanggotaan perpustakaan.

Terdapat dua jenis keanggotaan di UPT Perpustakaan UMP, yaitu Reguler dan Tamu. Keanggotaan reguler merupakan keanggotaan yang diperuntukkan bagi civitas akademik UMP yaitu dosen, karyawan dan mahasiswa. Sedangkan keanggotaan tamu diperuntukkan bagi kalangan di luar civitas akademik UMP.

 

RINCIAN JENIS KEANGGOTAAN

 

JENIS KEANGGOTAAN

JUMLAH PINJAMAN

LAMA PEMINJAMAN

Dosen

3 koleksi

7 hari

Karyawan

3 koleksi

7 hari

Mahasiswa

3 koleksi

7 hari

Tamu

Baca di Tempat/Fotokopi

 

b. Melayani peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi. UPT Perpustakaan UMP menyediakan layanan peminjaman koleksi perpustakaan. Lama peminjaman 7 hari. Lama peminjaman dapat diperpanjang sebanyak 2 kali perpanjangan dengan keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan denda sebesar Rp. 250,- per buku per hari. Untuk peminjaman atau pengembalian koleksi yang telah dipinjam, pemustaka dapat langsung menuju meja sikulasi dan meyerahkan buku yang dipinjam tersebut kepada petugas sirkulasi.

c. Melayani permintaan Surat Keterangan Bebas Perpustakaan (SKBP). SKBP dikeluarkan apabila pemustaka sudah selesai masa studi dan sebagai syarat untuk mengikuti wisuda, selain untuk keperluan mengikuti wisuda SKBP diperlukan pula bagi pemustaka yang hendak cuti kuliah maupun pindah studi. SKBP diberlakukan sebagai sarana untuk mengetahui bahwa pemustaka tersebut sudah tidak mempunyai tanggungan peminjaman koleksi perpustakaan.

Layanan sirkulasi yang diselenggarakan dengan waktu layanan sebagai berikut: 

Senin - Sabtu     : 07.00 – 17. 15

 

2. Layanan Referensi

Layanan referensi yang diselenggarakan antara lain:

a.   Memberikan bimbingan untuk menemukan koleksi referensi yang diperlukan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka.

b. Memberikan bimbingan kepada pemustaka bagaimana menggunakan setiap bahan pustaka koleksi referensi.

c. Memberikan layanan koleksi referensi kepada pemustaka, yang meliputi: terbitan berkala, karya ilmiah (meliputi: skripsi,  tesis dan laporan penelitian), audio visual dan muhammadiyah corner.

d. Memberikan layanan fotokopi kepada pemustaka.

 

3.    Layanan Literasi Informsi

Layanan literasi informasi yang dilaksanakan di UPT Perpustakaan UMP meliputi, mengembangkan strategi penelusuran, mengumpulkan, mengidentifikasi, mengevaluasi informasi yang dibutuhkan dan mengintegrasikan informasi. Adapun layanan literasi informasi yang telah diselenggarakan adalah:

a.  Sosialisasi pemanfaatan perpustakaan melalui Masa Taaruf Mahasiswa Baru. Adapun sosialisai tersebut meliputi, tata tertib perpustakaan, pencarian koleksi melalui OPAC,

b. Sosialisasi akses database E-Journal kepada pemustaka meliputi, strategi penelusuran, pemanfaatan operator boole (yakni penggunaan AND, OR dan NOT) dan pengenalan gaya sitasi. Data base e-jurnal yang dimanfaatkan adalah: E-Jurnal dari DIKTI (PROQUEST, CENGAGE dan EBSCO) dengan menggunakan username dan password, E-Resources dari Perpustakaan Nasional RI dengan mendaftar secara mandiri untuk dapat mengaksesnya, serta E-Jurnal yang dilanggan oleh UMP yaitu: JSTOR yang hanya bisa diakses dengan menggunakan sarana internet hanya dari UMP.

 

4. Layanan Teknologi Iinformasi dan Komunikasi (TIK)

UPT Perpustakan UMP telah mengimplementasikan layanan TIK dalam melayani pemustaka, adapun layanan tersebut adalah:

a. Layanan Sistem Informasi Perpustakaan

Sistem informasi perpustakaan (Simpus) adalah perangkat lunak yang dibuat untuk menangani kegiatan perpustakaan secara otomasi. Simpus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dijalankan atau dioperasikan secara interaktif dan komunikatif. Simpus menyediakan modul Online Public Access Catalog (OPAC) pengembalian, perpanjangan, dan denda, denda keterlambatan dihitung berdasarkan jumlah hari terlambat. Simpus dibuat dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada pengelola perpustakaan dalam menangani pengelolaan database perpustakaan, penelusuran informasi, sirkulasi, dan statistik perpustakaan. Adapun software yang dipergunakan untuk memanajemen layanan tersebut adalah Library Automation Service (LASer) yang dikembangkan oleh UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang dan layanan ini merupakan integrasi antara layanan OPAC dengan layanan sirkulasi. Layanan ini telah diimplementasikan di perpustakaan sejak tahun 2007.

b.  Layanan Digital Library

Layanan digital library sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kriteria keluaran hasil penelitian di lingkungan civitas akademik UMP, yaitu dengan sarana mengurangi plagiarisme dengan jalan mengunggah karya ilmiah yang menjadi kekayaan karya ilmiah civitas akademik UMP dan dipublikasikan melalui layanan digital library tersebut diharapkan dapat mengurangi plagiarisme, sehingga kekayaan karya ilmiah yang dimiliki tersebut dapat menjadi rujukan masyarakat luas. Selain untuk mengurangi plagiarisme, digital library juga difungsikan sebagai sarana mempublikasikan karya ilmiah, yakni pemilik karya ilmiah tersebut dapat mempublikasikan karyanya melalui digital library, tanpa harus bersusah payah menerbitkan melalui media lain.

Hubungi Kami

 UPT PERPUSTAKAAN
 Universitas Muhammadiyah Purwokerto
 Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
 Purwokerto - 53182
 Kembaran, Banyumas
 Telp    : (0281) 636751, 630463, 63424
 Fax     : (0281) 637239
 E-Mail  : info {at} library.ump.ac.id