Profil

UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan unit/lembaga yang berada di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sejarah lahirnya UPT Perpustakaan UMP berkaitan erat dengan berdirinya Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto berdiri tanggal 5 April 1965 yang waktu itu bernama IKIP Muhammadiyah Purwokerto. Berdirinya IKIP Muhammadiyah Purwokerto ini memunculkan berdirinya pula Perpustakaan IKIP Muhammadiyah Purwokerto, yang berlokasi di Jl. Dr. Angka Purwokerto, Jawa Tengah.

Tahun 1985 IKIP Muhammadiyah Purwokerto merelokasi kampus ke Dukuhwaluh Purwokerto, yang secara otomatis diikuti pula relokasi Perpustakaan IKIP Muhammadiyah Purwokerto. Tahun 1995 IKIP Muhammadiyah Purwokerto beralih bentuk menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan sesuai dengan lembaga yang menaunginya Perpustakaan IKIP Muhammadiyah Purwokerto beralih bentuk menjadi UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

UPT Perpustakaan UMP merupakan perpustakaan di tingkat pusat/universitas yang melayani 11 fakultas dan 32 Program Studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Fakultas yang ada di UMP meliputi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Kedokteran. Selain itu tersedia juga Program Profesi dan Program Pascasarjana.

Gedung Perpustakaan UMP berlokasi di Kampus I UMP Jl. Raya Dukuhwaluh Purwokerto Jawa Tengah, dengan luas 908 m2 yang terbagi dalam 2 lantai. Berdasarkan statistik perpustakaan diperoleh data pengunjung rata-rata 350 orang per hari.

Hubungi Kami

 UPT PERPUSTAKAAN
 Universitas Muhammadiyah Purwokerto
 Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
 Purwokerto - 53182
 Kembaran, Banyumas
 Telp    : (0281) 636751, 630463, 63424
 Fax     : (0281) 637239
 E-Mail  : info {at} library.ump.ac.id