Sejarah

Sejarah berdirinya Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto tidak dapat dipisahkan dari sejarah dan perkembangan lembaga yang menaunginya, yakni IKIP Muhammadiyah Purwokerto yang didirikan pada tanggal 5 April 1965.

Pada awalnya IKIP Muhammadiyah Purwokerto berlokasi di Jl. Dr. Angka Purwokerto Jawa Tengah. Tahun 1985 IKIP Muhammadiyah Purwokerto merelokasi kampus ke Dukuhwaluh Purwokerto yang secara otomatis diikuti pula dengan relokasi Perpustakaan IKIP Muhammadiyah Purwokerto.

Pada tahun 1995 IKIP Muhammadiyah Purwokerto beralih bentuk  menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, yang diikuti alih bentuk perpustakaan menjadi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Tahun 2016 Perpustakaan UMP meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan SK Nomor 00010/LAP.PT/XII.2016.

Saat ini Perpustakaan UMP menempati Gedung D, dimana lantai 1 digunakan untuk Layanan Sirkulasi, Layanan Administrasi dan Layanan Corner. Lantai 2 digunakan untuk Layanan Referensi, Layanan Koleksi Cadangan, Layanan Karya Ilmiah dan Ruang Diskusi. Sedangkan Lantai 3 digunakan untuk Ruang Pertemuan, Ruang Belajar, Ruang Staf, Mushola, Ruang Terbitan Berkala, Ruang Audio Visual dan Ruang Literasi Informasi.

Hubungi Kami

UPT PERPUSTAKAAN

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. KH. Ahmad Dahlan

Purwokerto - 53182

Kembaran, Banyumas

Telp: (0281) 636751, 630463, 63424

Fax: (0281) 637239

E-Mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook: Perpustakaan Ump

Instagram: perpustakaan.ump

Youtube: Perpustakaan UMP