E-RESOURCES LITERACY

 

Literasi Informasi merupakan jembatan ilmu pengetahuan bagi pemustaka. Pustakawan mempunyai peran penting dalam pendampingan pengelolaan informasi. Akan tetapi dengan keterbatasan pengetahuan pemustaka dalam memilah, memilih dan mempergunakan informasi. Pemustaka memerlukan pustakawan yang dapat menghubungkan informasi tentang topik terkait dengan masing-masing disiplin ilmu akan ibformasi yang dibutuhkan pemustaka, pustakawan bertugas sebagai mediator antara informasi dan pemustaka.


Melihat kondisi tersebut, UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui peran pustakawan berinisiatif memfasilitasi civitas akademik UMP dalam program literasi informasi. Literasi informasi merupakan kemampuan seseorang untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan, menentukan, mengevaluasi serta menggunakan informasi secara cepat dan efektif. Melalui program literasi informasi ini penyuluh diberikan pembekalan untuk mengetahui kebutuhan informasi, menentukan, mengevaluasi serta bagaimana menggunakan informasi tersebut dalam menunjang kegiatan belajar, mengajar dan penelitian.

Kegiatan literasi informasi diadakan di perpustakaan sebagai salah satu bentuk layanan kepada pemustakanya. Kegiatan literasi informasi di laksanakan di Lantai II Gedung Perpustakaan, Dipilihnya lokasi tersebut sebagai sasaran bimbingan literasi informasi karena posisinya mudah dijangkau dan berada di tengah-tengah pusat kegiatan belajar UMP.


Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Rabu Pukul 09.00 – 10.30 WIB dan dilaksanakan secara umum tanpa harus dipungut biaya. Apabila ada pemustaka yang berminat silahkan menghubungi Saudari Kiki sebagai penanggung jawab program Literasi Informasi.

Hubungi Kami

 UPT PERPUSTAKAAN
 Universitas Muhammadiyah Purwokerto
 Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
 Purwokerto - 53182
 Kembaran, Banyumas
 Telp    : (0281) 636751, 630463, 63424
 Fax     : (0281) 637239
 E-Mail  : info {at} library.ump.ac.id